Minimal Design

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it ...

Easy to use theme’s admin panel

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it ...

Featured posts

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it ...

Hello, I am Vk bhardwaj and i do awsome Blogger Template Designs for your blog, download templates at Www.BestTheme.Net. Thanks A Lot

Popular Posts

Pages

Indri Gallery


KOMPRESI 
Kompresi data adalah salah satu tehnik untuk penyederhanaan file atau file-file dan atau folder dengan cara pemadatan data tersebut (kompres) sehingga didapat hasil yang lebih kecil atau sederhana, untuk selanjutnya dapat disimpan atau didistribusikan kembali.
Misal si Bujang memiliki 4 (empat) file yang terdiri 1.file gambar, 2.file teks, 3.file Dokumen (word), 4. file suara (mp3). Yang selanjutnya akan distribusikan melalui internet dengan dengan kapasitas total 4 file tersebut sebesar 2 MB. Dengan tehnik kompresi, ke-4 file tersebut dapat di satukan melalui pemadatan file, sehingga didapat 1 (satu) file saja yang berisikan ke-4 file tersebut, dan kapasitas ke-4 file tersebut dapat ditekan hingga 50% menjadi 1 MB saja (total hasil kompresi tergantung jenis file yang di kompres)
Untuk Kompresi data ini kita dapat gunakan Winzip, atau 7-Zip (Freeware) atau software kompresi data lainnya.
Pada bahasan kali ini kita akan menggunakan software 7-Zip yang bisa anda download di http://www.softpedia.com/get/Compression-tools/7-Zip.shtml


CRYPTOLOGY
Cryptology adalah cabang dari ilmu yang konsen pada komunikasi rahasia di semua aspek. Dua area dari cryptology adalah cryptography dan cryptanalysis. Cryptography adalah cabang dari cryptology yang konsen pada perlindungan komunikasi dari orang yang tidak berhak. Code dan cipher yang digunakan untuk melindungi komunikasi disebut cryptographic system. Aplikasi dari code dan cipher pada message untuk membuatnya tidak bisa dibaca disebut encryption. Message yang dihasilkan disebut cryptogram. Orang yang membuat dan menggunakan cryptographic system disebut cryptographer. Cryptanalysis adalah cabang dari cryptology yang difokuskan dengan menyelesaikan cryptographic system yang digunakan dengan cara lain. Objek dari cryptanalysis adalah untuk membaca encrypted message dan recover cryptographic system yang digunakan. Teks yang direcover sebagai nilai intelijen yang penting. System direcover untuk aplikasi message selanjutnya pada system yang sama.

Pada aplikasi militer encrypted message dikirim secara elektrik yang lebih baik dari pada dibawa secara fisik atau mail. Elektronik yang dimaksud adalah dengan kabel dan ditranmisi lewat radio. Kabel dan radio digunakan, bisa dikirim dengan telefon, telegraf (sandi morse), telewrite, facsimile, atau computer. Elektronik memberikan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan fisik, tetapi membuat komunikasi lebih mudah disisipi oleh orang lain.
Cryptographic system dibedakan kedalam cipher dan code. Hampir semua system militer menggunakan salah satu atau kombinasi dari keduanya. Cipher system yang mana encryption menghasilkan single atau grup karakter yang tidak mengandung arti. Code lebih kepada mengandung arti dari pada karakter. Unit dasar dari encryption pada sebuah code system adalah word atau phrase. Code group mungkin juga mengganti single karakter dimana perlu, tetapi substitusi untuk word yang lengkap adalah perbedaan kunci yang memisahkan code dari cipher. Karena itu, cryptanalytic menganngap berbeda satu sama lain.

Sebuah message encrypted oleh cipher system disebut enciphered. Message encrypted dengan code system disebut encode. Teks hasilnya disebut ciphertext atau code text. Ketika cryptogram diubah kembali kedalam bentuk yang dapat dibaca atau plaintext, itu disebut decrypt atau lebih spesifik decode atau decipher.
Beberapa code system ditambahkan encrypt dengan cipher system untuk menghasilkan tipe hybrid yang disebut enciphered code. Proses encryption kedua disebut superencryption atau superencipherment. Beberapa system biasanya lebih aman dari pada singly encrypted system, tetapi karena adanya tambahan membuat lebih lama dan memiliki tingkat eror yang lebih tinggi.

Terdapat ribuan tipe dari cipher system dari yang paling sederhana paper-and-pencil system sampai yang laing kompleks cipher mechine atau computer enciphered system. Semuanya dapat dikategorikan sebagai tranposisi atau substitusi atau kombinasi keduanya. Transposition system, karakter plaintext dari message secara sistematik disusun kembali. Setelah proses transposis message, karakter message tetap ada tetapi posisi huruf-hurufnya diubah. Substitution system, karakter plaintext message secara sistematik diganti dengan karakter lain. Setelah substitusi dilakukan, susunan dari plaintext asli tidak berubah tetapi karakter didalamnya tidak lagi sama. Substitution system yang paling sederhana, perubahan bersifat konsisten, setiap diberikan karakter paintext selalu mendapat karakter pengganti yang sama. Untuk keamanan yang lebih, diubah setiap waktu karakter di-encrypt.
Operasi Communication intelligence (COMINT) belajar menyerang komunikasi untuk tujuan mendapatkan informasi dari nilai intelien. COMINT termasuk mengumpulkan, mmeproses, evaluasi, dan melaporkan dari informasi intelijen yang didapat dari penyerangan terhadap komunikasi. Cryptanalysis akan sukses jika teknik COMINT dilakukan secara produktif. Pengumpulan dari sinyal komunikasi, lokasi transmitter dan identifikasi, traffic analisys, dan translasi dan analisis dari transmisi text yang dihasilakan oleh COMINT.

Empat langkah dasar dalam melakukan cryptanalysis:
1. Menentukan bahasa yang digunakan
2. Menetukan system yang umum digunakan
3. Rekonstrusi kunci yang spesifik dengan system
4. Rekonstruksi plaintext

ENKRIPSI

enkripsi ialah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah America Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-comercce, jaringan Telepon Bergerak dan ATM pada bank.
Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Autentication Code(MAC) atau Digital Signature Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer.


Leave a Reply

Followers